komputer

Tuesday 6 October 2015

Pengenalan program Dasar Berbasis Data

Pernah mendengar system DATABASE  ?
jika belum saya akan menjelaskan sedikit , system database atau basis data adalah sebuah sistem yang memproses data sesuai dengan keinginan pengguna ( user ) untuk keperluan tertentu.
System database ini biasanya digunakan untuk keperluan memantau atau mengontrol suatu kegiatan input aoutput. Jika pada cara tradisional kita mengenal sistem pembukuan konvensional / pembukuan manual dengan mencatat semua data arus input output , pada masa sekarang ada banyak pilihan untuk mempermudah dan memanjakan pengguna / user untuk mengolah data tersebut dengan bantuan PC / laptop dan juga sebuah software / aplikasi.

Sebagai contoh sebuah toko , dulu sistem kontrol barang yanng masuk dan terjual menggunakan buku yang lumayan tebal, jika suatu saat perlu untuk mencari data pada pembukuan beberapa bulan yang lalu maka yang di hadapi oleh pemilik toko adalah tumpukan buku yang lumayan menyilaukan mata , ini tentu akan menyita waktu , pikiran , dan tenaga. faktor efisiensinya sangat kurang.
Hal di atas bisa diatasi dengan system database yang saya jelaskan di awal artikel. Faktor efisiensinya bisa dibilang great ( tergantung software yang anda gunakan ).untuk mencatat data anda tinggal memasukan data kedalam software. dan untuk mencari data pun anda cukup menggunakan menu pemcarian ( jika disediakan oleh progamer , kalo g ada ya minta ).Efisiensi waktu jelas lebih cepat, efisiensi pikiran pun juga jelas karena anda tidak perlu mencari di tumpukan buku yang membuat perut mual.
Sekarang banyak progamer tang menawarkan jasa pembuatan program sesuai kebutuhan anda dengan biaya yang berfariasi. Jika ingin software yang lengkap maka sudah tentu anda harus mengeluarkan kocek yang tidak sedikit pula.
Namun sebenarnya anda juga bisa membuatnya sendiri jika anda yang mau berusaha.
Ada beberapa Compiler program yang bisa anda gunakan seperti Java atau VB. Untuk aplikasi penyimpanannya juga bervariasi mulai dari Ms Acces , Ms exel , Sql dll.
Ada dua macam Software untuk mengakses database, yaitu online ( satu database diakses oleh beberapa PC / laptop ) dan offline ( satu database hanya di akses satu PC / laptop ).
Demikian penjelasan singkat tentang Database , untuk pembuatan software akan saya share pada artikel saya berikutnya.

No comments:

Post a Comment