komputer

Wednesday 7 October 2015

Dasar program databse dengan Visual Basic ( VB ) part1

Seperti janji saya pada posting sebelumnya , saya akan berbagi sedikit pengetahuan dalam pembuatan software / aplikasi database menggunakan VB.
Kali ini saya akan memberi contoh membuat software / aplikasi perpustakaan dengan visual basic dan tabel databasenya menggunakan Ms.acces. Untuk kategorinya ini tergolong offline database atau digunakan pada satu PC / beberapa PC yang terhubung dalam satu jaringan LAN.
OK langsung aja saya bahas step by step nya.



1.Membuat rancangan tabel
Rancangan tabel program ini adalah langkah awal sebelum kita membuat sebuah software database.
Jadi tentukan tabel dan field apasaja yang ada di dalamnya.
Karena pada contoh kali ini saya akan membuat program perpustakaan, maka yanng ada di dalamnya adalah sebagai berikut :

* Data buku.  meliputi kode buku , judul buku ,  nama pengarang , dan tahun terbit
* Data keluar masuk buku. meliputi kode buku, nama peminjam, tanggal peminjaman, tanggal pengembalian.

jika sudah silahkan buat tabel sejumlah diatas dan juga field seperti yang sudah kita rancang diatas

tabel untuk data buku

tabel untuk data keluar masuk


2.Membuat rancangan design software
Setelah tabel selesai dibuat kita beralih ke pembuatan rancangan atau design program.
Disini saya menggunakan VB 6.0, anda juga bisa menggunakan versi yang lain, karena secara garis besar sama, hanya saja mungkin ada beberapa plugin tambahan untuk versi yang lebih tinggi.
OK, langkah pertama buka VB , lalu create new project , pilih standart EXE.

new project

Jika form sudah terbuka kemudian membuat design tampilan.
Sebelum membuat design anda harus memunculkan beberapa tool yang tidak diaktifkan pada standart EXE project. yaitu datagrid dan ADODC. cara nya tekan tombol CTRL+T atau seperti pada gambar dibawah ini.


Maka akan tampil window seperti ini, lalu beri centanng seperti yang bertanda merah , kemudian klik ok.


Setelah itu buat design seperti gambar dibawah ini.



Pada gambar tersebut item yang saya gunakan adalah textbox , combobox, frame, datagrid, button, dan label.
Untuk langkah selanjutnya akan saya bahas pada posting berikutnya.



No comments:

Post a Comment